Anti Jerawat yang Didukung oleh Kebiasaan-Kebiasaan Sehat

Anti jerawat adalah salah satu hal yang paling dicari khususnya oleh kaum remaja. Anti jerawat di masa-masa puber inilah kemudian akan membantu membasimi jerawat yang semakin membandel dan sering sekali menempel di wajah. Jerawat biasanya akan timbul, entah itu di pipi, dahi, hidung, atau bahkan menyebar ke seluruh wajah ataupun dada dan punggung. Untuk menghilangkan jerawat ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, mau pakai cara alami atau pakai obat-obatan, semua pilihan ada di tangan Anda. Yang penting Anda harus memastikan kalau perawatan yang Anda gunakan aman dan tanpa efek samping.
Karena penanggulangan jerawat sangat erat kaitannya dengan gaya hidup dan kebiasaan Anda, maka berikut ini adalah beberapa tips kebiasaan yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Pertama adalah rajin membersihkan wajah. Yang terpenting dan wajib Anda lakukan agar terbebas dari yang namanya jerawat adalah selalu rajin membersihkan muka terutama untuk kulit berminyak, apalagi sehabis melakukan aktifitas di luar ruangan. Biasanya debu yang mengandung kotoran akan hinggap ke wajah. Bersihkan dengan kain atau handuk yang bersih setelah cuci muka, karena bakteri suka dengan tempat yang lembab dan hangat. Jangan pakai tangan telanjang, karena akan percuma.
Anti jerawat juga bisa dilakukan dengan kebiasaan kedua, yaitu hindari atau minimalkan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula (sugar), coklat (chocolate), dan kacang dan juga makanan pedas, berminyak serta makanan berlemak. Makanan-makanan seperti itu akan mengganggu peredaran darah pada tubuh, jadi proses detoxitasi tidak bisa berjalan dengan lancar. Usakan rajin mengkonsumsi sayuran dan buah. Daun kemangi dan daun peterseli (parsley) dipercaya juga bisa mengobati jerawat dari dalam tubuh. Untuk buah, bisa mengkonsumsi apel karena mengandung antioksidan.
Kebiasaan kedua adalah rajin berolahraga. Karena dengan berolahraga, panas tubuh akan membuka pori-pori wajah dan mengeluarkan kotorannya. Penjelasannya begini, saat Anda olahraga maka peredaran darah Anda akan lancar dan proses detoxitasi akan berjalan teratur, jadi darah-darah kotor yang ada di dalam tubuh bisa terbuang. Kebiasaan ketiga adalah minum air putih (air mineral) secukupnya. Kalau bisa, penuhi anjuran para dokter dengan konsumsi air mineral 8 gelas perhari. Karena menurut sebuah sumber yang dapat dipercaya, dengan berolahraga dan minum air putih secara teratur membuat jerawat enggan muncul. Tentunya dibarengi dengan melakukan poin no.1 yaitu memelihara kebersihan wajah dan tubuh.
Anti jerawat juga harus melakukan kebiasaan kelima yaitu menghindari stress. Menurut banyak sumber salah satu pemicu jerawat adalah akibat stress. Jadi kalau Anda ingin menghilangkan jerawat atau mencegahnya agar tidak muncul, sebisa mungkin hindari stress. Kebiasaan keenam adalah memakai masker dari papaya. Coba buat masker pepaya untuk menghilangkan jerawat secara alami. Caranya, Pepaya yang sudah matang dihaluskan (bisa ditambahkan jeruk nipis), dan pakailah untuk maskeran. Diamkan sampai kering. Kemudian bersihkan dengan air hangat. Lebih baik dilakukan menjelang tidur. Masker pepaya, selain bisa menghilangkan jerawat secara alami, juga mempunyai khasiat menghilangkan komedo dan mencegah wajah kusam. Sebenarnya masih banyak komposisi masker alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Misalnya masker tomat dan mentimun, caranya buah tomat atau timun, dipotong tipis-tipis, kemudian diamkan di kulit sekitar 10-15 menit.
Kebiasaan ketujuh adalah jangan pernah memencet jerawat. Karena sembuh, tapi malah bisa menyebabkan noda-noda hitam dan bopeng pada wajah. Kedelapan adalah rajin buang air besar minimal 1 kali sehari. Selain akibat mengkonsumsi makanan berlemak, pikiran, jerawat juga timbul akibat pembuangan yang tidak lancar. Seperti yang kita ketahui bahwa kotoran /feses itu mengandung zat-zat buangan yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Jika tidak terbuang sempurna maka zat-zat buangan tersebut akan menumpuk di dalam tubuh dan berakibat memberikan tambahan racun kepada tubuh kita. Dan racun yang menumpuk itulah yang menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Supaya buang air besar (BAB) lancar Anda bisa mengkonsumsi makanan berserat dan buah-buahan seperti pepaya.

Tips Jerawat

Tips jerawat akan sangat berguna bagi Anda yang sedang berjuang melawan jerawat yang ada di wajah Anda. Tips jerawat sebenarnya sangat bermanfaat bagi semua orang karena menurut penelitian, tidak ada satupun orang di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat. Pada umumnya, jerawat menyerang daerah wajah namun jerawat juga dapat menyerang anggota tubuh lain, seperti leher, dada, lengan, ketiak bahkan sampai bagian pinggang. Meskipun jerawat tidak berbahaya tapi hal ini tentunya sangat mengganggu penampilan seseorang bahkan lebih jauh dapat mengurangi rasa percaya diri. Itulah sebabnya berbagai cara pun dilakukan untuk menghilangkannya.
Timbulnya jerawat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Produksi minyak berlebih. Produksi minyak yang berlebihan ini menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.
  2. Sel kulit mati. Karena banyaknya kelenjar minyak yang berlebih dan bercampur dengan sel kulit mati. Maka akan membentuk penyumbat pada pori-pori wajah yang menjadi bintik hitam atau putih.
  3. Bakteri. Yang membuat masalah semakin rumit yaitu kadar minyak di kulit berkolaborasi dengan bakteri (p.acne) berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat dan menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya lalu pecah dan meradang dan menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya.

Tips jerawat dan cara mengatasinya memang membutuhkan perhatian dan tidak boleh melakukan hal-hal seperti menggaruk, memencet jerawat atau membiarkannya kering secara alami dan kemudian mengeluarkan isi jerawat sesaat setelah kering. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah jerawat terutama yang timbul pada bagian wajah Anda.
Untuk pencegahan jerawat, Anda bisa melakukan pencegahan sebagai berikut:

  1. Menjaga kebersihan kulit wajah. Menjaga kebersihan wajah muka dan menghindarkan Anda dari bakteri penyebab jerawat yang banyak menempel pada wajah. Bersihkan wajah sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan sabun khusus pembersih wajah dan air hangat.
  2. Perbanyak meminum air putih agar kulit Anda lebih selastis dan tentunya agar proses metabolism melalui kulit (keringat) lebih baik.
  3. Kurangi makanan berlemak, termasuk gorengan dan minuman beralkohol.
  4. Perbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran (bayam, wortel, daun bawang, daun melinjo) dan juga buah-buahan (pisang, tomat, jeruk, nanas dan mentimun, dan lain sebagainya). Karena buah dan sayur di atas mengandung zat yang mampu memicu kelenjar secaceous yang berfungsi untuk menghasilkan minyak.
  5. Hindari menyentuh jerawat seperti menusuk dan memijit. Karena hal ini dapat menimbulkan infeksi dan meninggalkan bekas jerawat.

Tips jerawat alami untuk pencegahan adalah dengan memanfaatkan buah mentimun dan pepaya. Mentimun mengandung astringent yang dapat dijadikan tonik wajah untuk kulit berminyak. Caranya adalah dengan parut dan saring mentimun secukupnya. Kemudian oleskan cairan tersebut ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas bersih. Lakukan setiap kali menjelang tidur. Sementara untuk buah papaya dapat dimanfaatkan untuk meluruhkan sel-sel kulit mati. Gunakan papaya yang sudah dilembutkan sebagai masker dan biarkan selama lima belas menit. Lakukan perawatan alami ini setiap menjelang tidur.
Selain itu, Anda bisa merawat wajah Anda dengan menggunakan putih telur. Gunakan putih telur sebagai masker, Biasanya aplikasikan 2 kali dalam seminggu. Untuk pengaturan waktunya, terserah Anda, misalnya senin dan jumat malam sehabis pulang kerja. Jadi, ambil putih telurnya saja dan letakkan di piring kemudian oleskan tipis diseluruh wajah termasuk kening dan dagu. Kemudian biarkan selama 15-20 menit sampai terlihat benar-benar kering kemudian cuci menggunakan air bersih. Disamping bertujuan menghilangkan jerawat dan bekasnya cara ini juga bikin wajah putih alami dan terasa sangat segar.

Cara Mengobati Jerawat

Cara mengobati jerawat baik menggunakan cara alami maupun cara medis tetap membutuhkan ketelatenan dan disiplin diri yang tangguh. Cara mengobati jerawat baik itu membandel maupun jerawat ringan tidak boleh terlalu disepelekan agar hasilnya maksimal. Cobalah perhatikan sekitar Anda karena ada beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati jerawat Anda.
Misalnya Anda bisa menggunakan masker madu. Caranya adalah dengan oleskan masker madu untuk wajah Anda sekali atau dua kali seminggu. Karena madu memiliki sifat antibakteri sehingga sangat bagus untuk desinfektan dan penyembuhan luka kecil. Hal ini juga lembut pada kulit sensitif. Selain, cucilah wajah Anda dua kali sehari dengan sabun jerawat. Sebisa mungkin untuk cuci muka dua kali sehari dengan sabun sulfur khusus untuk jerawat. Cucilah sekali ketika Anda pertama kali bangun di pagi hari dan kemudian tepat sebelum Anda pergi tidur di malam hari. Usaplah secara lembut ketika membasuh muka, jangan menggosok atau menggunakan semacam kain kasar. Apabila terlalu sering membasuh muka atau overwashing, akan mengakibatkan kelenjar sebaceous menghasilkan sebum lebih banyak, sehingga meningkatkan jerawat Anda.
Cara mengobati jerawat juga berhubungan dengan menjaga rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut panjang atau poni, tarik rambut dari wajah Anda. Rambut Anda mengandung minyak juga, dan akan memberikan kontribusi untuk berjerawat. Sebisa mungkin untuk mencuci rambut Anda sehari-hari dan setelah berkeringat atau melakukan aktivitas. Untuk tambahan nutrisi, Anda juga perlu untuk konsumsi multi-vitamin. Jerawat dapat menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah di dalam. Kulit Anda tergantung pada gizi yang Anda konsumsi. Ini adalah organ vital yang biasanya diabaikan. Jika tubuh Anda tidak menerima nutrisi yang tepat, ia akan melawan.
Jangan lupa juga untuk menyertakan kromium dalam diet Anda. Kromium dikenal untuk diet penurunan berat badan. Tetapi juga sangat baik untuk penyembuhan infeksi pada kulit. Mengambil suplemen kromium sekali sehari akan membantu menyembuhkan jerawat dengan cepat dan mencegah jerawat masa depan. Makan wortel secukupnya juga sangat membantu. Karena seperti yang kita ketahui bahwa wortel mengandung beta-karoten (vitamin A). Vitamin A memperkuat jaringan pelindung kulit dan benar-benar mencegah jerawat. Ini membantu mengurangi produksi sebum. Vitamin ini penting untuk pemeliharaan dan perbaikan jaringan yang kulit dan selaput lendir terbuat dari. Vitamin A juga merupakan antioksidan kuat yang dibutuhkan untuk membersihkan tubuh Anda dari racun.
Cara mengobati jerawat juga berhubungan dengan pemakaian makeup yang berlebihan. Percayakah Anda? Tentu saja Anda harus percaya karena makeup yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori Anda, menyebabkan jerawat dan komedo lebih. Jika Anda merasa Anda harus memakai make-up, pastikan itu adalah berbasis air. Selain itu, jangan mengambil atau meremas komedo dan jerawat. Jangan memencet, menggaruk, menggosok atau menyentuh jerawat dan komedo Anda. Karena dengan memencet atau menggaruk jerawat akan meningkatkan produksi sebum. Terlebih, ketika Anda menekan, Anda benar-benar pecah selaput di bawah kulit Anda, menyebabkan infeksi dan sebum menyebar di bawah kulit Anda. Hasilnya adalah semakin banyak jerawat yang timbul.
Kebersihan badan dan wajah bukan jaminan Anda akan terbebas dari jerawat karena kebersihan lingkungan juga berpengaruh, terutama kebersihan sarung bantal Anda. Hal ini dikarenakan Anda meletakkan wajah Anda pada sarung bantal setiap hari. Sarung bantal Anda menyerap minyak dari kulit wajah Anda akan terkena kotoran dan minyak. Sehingga menyebabkan jerawat. Makan makanan yang kaya akan zat Zinc – Zinc adalah zat antibakteri dan elemen yang diperlukan dalam memproduksi kelenjar minyak kulit.

Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Menghilangkan jerawat secara alami bisa dilakukan di rumah ketika Anda sedang beristirahat dan tidak ada kegiatan. Menghilangkan jerawat secara alami bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda dan cara penggunaannya juga sangat sederhana. Pertama dalah dengan lemon atau jeruk nipis dan air mawar. Lemon, jeruk nipis dan buah-buah sebangsanya mengandung citric acid yang sangat kaya, dimana citric acid ini sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati yang bisa menyebabkan jerawat.
Caranya yaitu dengan mencampurkan jus atau perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Penerapan terapi ini secara rutin dan konsisten selama 15 hari akan memberikan hasil yang cukup luar biasa gunakan dan lihatlah apa yang terjadi.
Menghilangkan jerawat secara alami yang kedua adalah dengan putih telur. Caranya yaitu, pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat. Cara ketiga adalah dengan pasta gigi. Satu hal yang perlu diingat disini pasta gigi yang digunakan adalah yang bentuknya pasta (seperti Pepsodent) bukan yang bentuknya gel (seperti Close Up). Caranya hampir sama dengan kedua cara di atas. Oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Biarkan semalaman atau sampai pagi kemudian bilas dengan air bersih.
Cara keempat adalah dengan buah tomat. Buah yang satu ini selain bagus untuk kesehatan mata juga cukup efektif menghilangkan komedo hitam (blackheads). Yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas. Setelah itu, ambil tomat yang lain dan makanlah untuk perawatan dari dalam. Cara kelima adalah dengan lidah buaya. Ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, oleskan di bagian yang muncul jerawat, dan ulangi melakukan cara ini tiap pagi dan sore. Jika Anda cukup telaten, jerawat mungkin akan dapat mengering dan mengelupas selama 3 hari. Selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Sekali lagi kuncinya hanya satu, yaitu teliti.
Menghilangkan jerawat secara alami yang keenam adalah dengan bawang putih. Ada dua pilihan dalam menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga cukup halus lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas. Sedangkan cara kedua adalah dengan memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari. Banyak yang mengatakan kedua cara ini cukup efekktif, namun bagi Anda yang tidak menyukai bau bawang putih mungkin lebih baik menempuh cara yang lain.
Cara ketujuh adalah dengan selalu membersihkan wajah. Selalu rawat kebersihan wajah setiap hari dari kotoran dan debu dijalan. Untuk Anda yang selalu aktif dan berurusan dengan debu di jalan, maka rajin-rajinlah membersihkan wajah sebelum atau sesudah beraktifitas. Sebagai konsumsi dari dalam, maka perbanyaklah makan sayuran dan minum air putih. Bagi Anda yang tidak suka sayur, maka buah yang mengandung air dapat menjadi alternatif dalam merawat wajah dari dalam. Karena kandungan yang terdapat dalam buah dan sayuran sangat diyakini bisa menjadikan wajah kita lebih bersih dan berseri.

Cara Mengatasi Jerawat

Cara mengatasi jerawat juga bisa diantisipasi dari gejala yang muncul. Cara mengatasi jerawat dengan mengenali gejalanya bisa dilihat dari cara berkembangnya. Jerawat berkembang paling sering pada wajah, leher, dada, bahu, atau punggung. Hal ini dapat berlangsung selama beberapa bulan, bertahun-tahun, atau timbul hilang sepanjang waktu. Jerawat yang lembut bisa berupa komedo. Namun kadang-kadang komedo juga bisa berkembang menjadi infeksi pada pori kulit (jerawat). Jerawat parah dapat menghasilkan ratusan bintil kecil yang tersebar di area kulit yang luas. Cystic Lesions adalah jerawat yang besar dan mendalam. Jerawat jenis ini sering menyakitkan dan dapat meninggalkan bekas luka pada kulit Anda. Jerawat dapat menyebabkan rendah diri dan kadang-kadang depresi. Kondisi ini membutuhkan pengobatan segera.
Jerawat juga bisa iritasi atau menjadi lebih buruk jika perawatannya salah. Berikut beberapa penyebab iritasi pada jerawat:

  1. Memakai tali atau item ketat lain yang bergesekan dengan kulit (seperti pemain sepak bola memakai bantalan bahu), serta peralatan yang bergesekan terhadap tubuh seperti biola yang bergesekan dengan pipi dan bahu). Tali bra, helm, bando, dan sweater turtleneck juga dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih buruk.
  2. Menggunaan Produk rambut dan perawatan kulit yang mengandung bahan yang menyebabkan iritasi.
  3. Mencuci wajah terlalu sering atau menggosok wajah terlalu keras. Menggunakan sabun keras atau air yang sangat panas juga dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih buruk.
  4. Stress berkepanjangan.
  5. Sering menyentuh wajah.
  6. Berkeringat banyak.
  7. Memiliki rambut wajah, yang dapat menyebabkan kulit lebih berminyak.
  8. Menggunakan obat-obat tertentu.
  9. Bekerja dengan minyak dan bahan kimia secara teratur.

Cara mengatasi jerawat harus dilakukan oleh sang ahli dan pada waktu yang tepat. Anda harus segera menghubungi dokter kulit apabila:

  1. Anda prihatin dengan jerawat anak Anda.
  2. Jerawat Anda semakin buruk atau tidak membaik dengan perawatan di rumah.
  3. Anda telah mencoba perawatan di rumah selama 6 sampai 8 minggu, dan jerawat Anda belum membaik.
  4. Jerawat meninggalkan bekas luka setelah disembuhkan.
  5. Jerawat menjadi besar dan keras atau dipenuhi cairan.
  6. Anda mulai memiliki gejala fisik lain, seperti pertumbuhan rambut wajah pada wanita.
  7. Jerawat Anda dimulai ketika Anda memakai obat baru yang diresepkan oleh dokter.
  8. Terkena bahan kimia, minyak, atau bahan lainnya.

Pengobatan Jerawat tergantung pada jenis jerawat yang Anda miliki. Kadang-kadang dokter akan menggabungkan perawatan untuk mendapatkan hasil terbaik dan menghindari resistensi bakteri terhadap obat. Pengobatan bisa berupa lotion atau gel yang diaplikasikan pada kulit yang berjerawat atau kadang-kadang malah di seluruh area kulit. Obat juga bisa diberikan lewat obat.
Cara mengatasi jerawat ringan (bintik putih, komedo, atau jerawat) dapat meliputi:

  1. Pembersihan lembut dengan sabun ringan (seperti Dove atau Neutrogena).
  2. Menggunakan benzoil peroksida (seperti Brevoxyl atau Benzac).
  3. Menggunakan asam salisilat (seperti Propa pH atau Stridex).

Kadang-kadang jerawat memerlukan perawatan dengan obat kuat atau kombinasi dari terapi. Noda yang dalam, seperti bintik dan kista lebih kemungkinan besar untuk meninggalkan bekas luka. Sebagai hasilnya, dokter mungkin memberikan antibiotik oral cepat untuk memulai proses penyembuhan. Inflamasi jerawat mungkin perlu suatu kombinasi dari beberapa terapi. Pengobatan untuk jerawat sedang sampai berat bisa meliputi:

  1. Penggunaan benzoil peroksida.
  2. Pengeringan jerawat besar dan kista oleh dokter.
  3. Penggunaan gel antibiotik resep, krim, atau lotion.
  4. Penggunaan retinoid resep.
  5. Penggunaan asam azelat.
  6. Menggunakan resep antibiotik oral.
  7. Menggunakan resep retinoid (seperti isotretinoin).

Mengobati Jerawat dengan Mengetahui Jenis-Jenisnya

Mengobati jerawat berbeda tergantung dari tipe jerawat yang Anda miliki. Mengobati jerawat dengan mengenali tipe jerawat yang muncul tentu akan sangat membantu. Pada umumnya, ada tiga jenis jerawat, yaitu komedo, jerawat biasa, dan cystic acne. Jenis yang pertama adalah komedo. Komedo adalah nama ilmiah dari pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka disebut juga sebagai blackhead, terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam (yang berwarna hitam itu bukan kotoran; sebenarnya itu adalah penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara).
Komedo yg tertutup, atau whitehead, memiliki kulit yg tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat. Makanya terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil dibawah kulit. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Bila Anda tidak meng-exfoliate (bisa dengan scrub, cuci muka dengan waslap, memakai sabun muka mengandung salicylic acid atau yang mengandung AHA/BHA, dll) kulit wajah secara berkala, sel2-sel kulit mati menumpuk di kulit; minyak di permukaan kulit kemudian menutup sel2 kulit, terjadilah penyumbatan. Makeup dan produk penataan rambut yang mengandung minyak dapat memperparah keadaan. Berkeringat dan udara yang panas dan lembab dapat juga menyumbat pori-pori. Untuk pencegahan, cuci selalu wajah pagi dan malam dengan pembersih mengandung salicylic-acid atau AHA/BHA untuk mengelupas sel-sel kulit mati. Atau scrub kulit wajah minimal seminggu sekali. Bawalah selalu kertas penyerap minyak untuk menyerap kelebihan minyak di wajah. Gunakan juga masker untuk kulit berminyak seminggu sekali. Untuk penyembuhan, hilangkan blackheads dengan plester pore strips. Untuk whitehead, pakai obat jerawat yg mengandung salicylic-acid.
Mengobati jerawat juga seharusnya mengetahui jenis jerawat yang kedua, yaitu jerawat biasa. Jenis jerawat `klasik’ ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi dengan bakteri. Bakteri ini bisa yang terdapat dipermukaan kulit, bisa juga dari waslap, kuas makeup, jari tangan, juga telepon. Stress, hormon dan udara yang lembab dapat memperbesar kemungkinan infeksi jerawat, karena menyebabkan kulit memproduksi minyak, yang merupakan tempat berkembang-biaknya bakteri. Jerawat yang disebabkan oleh hormon biasanya muncul di sekitar rahang dan dagu, menurut seorang ahli kulit, yang merekomendasikan pemakaian pil KB yang rendah estrogen. Seperti Orthotricyclen, Orthocept dan Alesse.
Untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat, gunakan sabun muka yg mengandung benzoyl-peroxida, atau sabun sulfur. Dan gunakan masker anti bakteri atau jerawat seminggu sekali. Jika obat jerawat yang dijual bebas tidak mempan, mintalah ke dokter kulit obat jerawat yang mengandung vitamin A derivatif seperti Retin-A. Kemudian, untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri, pakailah obat jerawat yg mengandung benzoyl-peroksida. Atau bila kulit Anda tidak tahan, gunakan produk yang mengandung sulfur. Jika obat-obat jerawat tadi tidak mempan juga, mintalah resep salep yang mengandung antibiotik, salah satunya Garamicyn (bisa dibeli bebas). Salep ini bisa membunuh bakteri dan mengurangi pembengkakan juga peradangan.
Mengobati jerawat harus secara tuntas mengetahui seluk-beluk jenis jerawat yang ketiga, yaitu cystic acne atau jerawat batu/ jerawat jagung. Sering dikenal sebagai jerawat yang besar, dengan tonjolan-tonjolan yang meradang hebat, berkumpul di seluruh muka (berbeda dengan jerawat biasa yang berkumpul di salah satu bagian muka). Cystic-acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang juga menderita jerawat jenis ini. Secara genetic penderitanya memiliki:

  1. Kelenjar minyak yang over-aktif yang membanjiri pori-pori dengan minyak.
  2. Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal.
  3. Memiliki respons yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Obat-obat jerawat yang dijual bebas tidak akan mempan untuk jerawat jenis ini. Memakai scrub pun tidak akan ada hasilnya. Jalan satu-satunya adalah meminta dokter meresepkan pil antibiotik seperti tetracycline. Bila dalam sebulan tidak ada tanda-tanda perbaikan, mungkin dokter akan memberikan resep Accutane. Untuk jerawat batu yang satu-satu, penyembuhan yang efektif adalah meminta dokter kulit menyuntik jerawat dengan cortisone, yang membuat jerawat ini sembuh dalam waktu 48 jam. Kalau kasusnya kronis, pil Accutane bisa dicoba, meskipun Anda akan mengalami beberapa side effect, seperti bibir pecah-pecah yang parah dan kulit yg kering.

Tips Menghilangkan Jerawat dengan Facial Oksigen

Tips menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan beracam-macam cara medis. Tips menghilangkan jerawat yang terbaru dan tidak ada efek samping adalah menggunakan Facial oksigen . Facial oksigen adalah salah satu cara alami sehingga aman di gunakan, dan terbukti sangat efektif untuk mengatasi masalah jerawat, flek hitam bekas jerawat dan wajah kusam. Facial oksigen sangat bagus dan efektif untuk mengatasi masalah tersebut seperti membantu mengangkat sel kulit mati, membersihkan permukaan kulit, mengencangkan kulit serta membantu membersihkan flek-flek hitam bekas jerawat. Facial oksigen menyemprotkan oksigen bersamaan dengan serum yang mengandung hyaluronic acid, vitamin dan anti oksidan membunuh bakteri peyebab jerawat, menyembuhkan dan menyehatkan kulit.
Perawatan ini sangat baik untuk remaja dan dewasa serta orang-orang yang bekerja di lapangan, dimana wajahnya berdebu atau kusam dan kotor, dan sangat efektif mengatasi jerawat dan komedo. Untuk hasil optimal lakukan perawatan ini minimal seminggu 1x sebanyak 6 kali secara rutin selama 2 bulan, dan untuk maintenance bisa dilakukan 1x sebulan. Facial dengan oksigen jauh dari rasa sakit dan kemerahan, yang identik dengan perawatan facial. Facial oksigen ini menjadi tren karena banyak selebriti Hollywood yang melakukannya seperti Madonna, Eva Longoria dan Justin Timberlake.
Tips menghilangkan jerawat dengan facial oksigen yang sangat efektif untuk merawat kulit secara alami dan tanpa efek samping. Oksigen di sini berfungsi sebagai media untuk memasukkan serum yang terbuat dari bahan alami. Manfaat oksigen sendiri yaitu sebagai energi bagi pertumbuhan sel-sel baru, dan antibakteri yang bisa membantu menyembuhkan luka pada kulit berjerawat. Untuk melakukan facial oksigen digunakan sebuah produk yang bernama Intraceutical 02. Produk ini mirip pipa yang dimasukkan serum ekstrak tumbuhan terbuat dari grapefruit, enzim dan vitamin. Setelah wajah dibersihkan, serum lalu disemprotkan pada wajah. Dengan memanfaatkan tekanan oksigen, serum lebih mudah masuk ke dalam kulit dan tanpa rasa sakit.
Serum mengandung 95 persen hyaluronic acid yang berfungsi menstimulasi pertumbuhan kolagen baru dan jaringan elastin kulit. Serum akan disemprotkan lebih kencang di bagian kulit yang keriput atau bernoda, agar lebih efektif dan rasanya tidak sakit. Seperti disemprot air dan terasa dingin. Perubahan pada wajah memang bisa langsung terlihat setelah melakukan facial oksigen. Kulit menjadi lebih cerah, kencang dan lembab. Tetapi untuk hasil maksimal, dianjurkan untuk melakukannya enam kali sekali seminggu, dan dilanjutkan dengan perawatan satu bulan sekali. Oksigen memang sangat diperlukan dalam kehidupan, bukan hanya untuk kesehatan tubuh semata, ternyata manfaat oksigen itu sangat banyak dan beragam, salah satunya untuk kecantikan.
Tips menghilangkan jerawat dengan facial oksigen juga berfungsi untuk mencerahkan dan memutihkan wajah. Karena manfaat oksigen untuk kulit dan kecantikan adalah sebagai energi bagi pertumbuhan sel yang baru. Banyaknya polusi membuat kulit wajah rentan akan masalah kulit, maka dengan facial oksigen ini berfungsi sebagai anti bakteri dan membantu proses penyembuhan luka sehingga bagi yang sedang berjerawat, proses pengeringan jerawat bisa lebih cepat dan penyembuhannya pun lebih cepat.
Selain itu hasilnya langsung terlihat, dimana keriput berkurang, kulit lembab dan kencang dan lebih cerah. Dengan serum yang berbahan dasar alami yang kandungannya 95% hyaluronic acid sehingga menstimulasi pertumbuhan kolagen baru dan jaringan elastin kulit. Facial Oksigen yang sangat efektif memutihkan dan menghilangkan flek mengandung bahan aktif terutama Vitamin C dosis tinggi yang dapat memperbaiki warna kulit yang tidak rata (pigmentasi), vitamin A, D dan E, serta mineral dan antioksidan dan ekstrak herbal seperti aloe vera yang dapat mencerahkan warna kulit.

Cara Mengobati Jerawat

Cara mengobati jerawat bisa dilakukan dengan mengerti jenis kulit Anda. Cara mengobati jerawat dengan mengetahui jenis kulit akan semakin membuat perawatan yang Anda lakukan berjalan dengan lebih maksimal. Dengan beragamnya jenis kulit wajah, tentu diantara Anda banyak yang mengalami masalah kulit berminyak yang akhirnya berefek pada tumbuhnya jerawat di wajah Anda. Membersihkan wajah secara rutin harus benar benar diperhatikan karena jika kulit wajah dalam keadaan kotor maka kotoran itu akan menyumbat pori pori dan ini akan mengurangi aliran oksigen lalu pada akhirnya menyebabkan tumbuhnya jerawat.
Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak ini, Anda dapat mengatasingya dengan:

  1. Jangan menggunakan sabun.
  2. Bersihkan wajah pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur secara rutin.
  3. Gunakan pembersih dan penyegar sesuai dengan jenis kulit berminyak Anda.
  4. Usahakan agar waktu istirahat tidur cukup.
  5. Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.
  6. Jaga tangan Anda agar selalu dalam kondisi bersih ketika Anda ingin memegang atau melakukan sesuatu di wajah Anda.

Cara mengobati jerawat dengan terlebih dahulu mengenali jenisnya juga akan mempermudah Anda menentukan perawatan yang cocok. Karena penentuan jenis obat jerawat maupun produk kecantikan berdasarkan jenis kulit Anda. setiap orang mempunyai jenis kulit dan tingkat kesensitifan berbeda, jadi satu obat tertentu belum tentu cocok bagi semua orang. Untuk mengetahui jenis jerawat dan penyebabnya, Anda bisa mencari tahu melalui majalah, internet maupun berkonsultasi langsung dengan dokter kulit. Karena setidaknya dokter kulit mampu mendeteksi jenis jerawat dan hal yang menjadi pemicunya sehingga dapat dilakukan penanganan tepat.
Dokter kulit merupakan salah satu spesialisasi ilmu kedokteran yang mengkhusukan penanganan pada berbagai permasalahan kulit. Masalah kulit yang ditangani dokter kulit tentu bukan hanya jerawat, melainkan masalah kulit yang lain. Misalnya alergi, komedo, flek hitam, luka bakar, luka sayat dan lain sebagainya. Dokter kulit pasti sudah dibekali ilmu yang berkenaan dengan perawatan kulit. Setidaknya, dokter kulit mampu memberikan penanganan tepat bagi masalah kulit Anda. Berkenaan dengan factor pemicunya, dokter kulit akan memberikan obat yang berbeda bagi tiap pasien. Meskipun demikian, proses yang dilewati semua pasien hampir sama.
Cara mengobati jerawat di dokter kulit selalu diawali dengan obat pengering jerawat. Setelah jerawat kering, kemudian diberi obat pengelupas untuk menghilangkan sel kulit mati. Langkah terakhir adalah pemberian obat penghilang bekas jerawat. Namun, tidak semua orang berhasil dengan pengobatan tanpa penanganan facial. Untuk jenis jerawat batu, pemakaian obat saja tidak cukup. Biang-biang lemak yang tertimbun dalam kulit harus dikeluarkan secara paksa karena jerawat batu tidak akan pecah seperti jerawat biasa. Proses facial ini tentu sangat menyakitkan karena diawali dengan pembuatan lubang pada bagian kulit muka yang berjerawat untuk mengambil mata jerawat batu tersebut.
Ketika berobat di seorang dokter kulit untuk mengatasi permasalahan jerawat dan lainnya, biasanya Anda akan bertanya apakah obat yang diberikan akan membuat efek ketergantungan atau tidak. Setelah melewati tahap-tahap penyembuhan jerawat, ternyata pasien harus tetap mendatangi dokter kulit yang bersangkutan. Namun, rentang waktu kunjungannya berbeda dengan saat masih berjerawat. Misalnya, yang tadinya sebulan sekali menjadi 2 bulan sekali, dan lain sebagainya. Jika tidak melakukan perawatan selanjutnya, jerawat di wajah pasien yang sudah mulus total tadi bisa muncul kembali, meskipun hal ini tidak berlaku untuk semua orang. Untuk itulah Anda tidak boleh menyepelekan saran kunjungan dokter kulit Anda.

Mengenali Penyebab Jerawat di Punggung

Jerawat di punggung bisa disebabkan oleh beberapa hal yang sebenarnya adalah kebiasaan diri sendiri. Jerawat di punggung bisa dicegah dan bisa disembuhkan, tetapi lebih baik Anda mencegah terjadinya jerawat jenis ini terkadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk disembuhkan. Adapun beberapa penyebab terjadinya jerawat jenis ini ada bermacam-macam.
Penyebab pertama adalah karena lembab dan tertutup. Hal ini berhubungan dengan kerja kuman Propionibacterium acnes. Bakteri ini merupakan penghuni normal di permukaan kulit manusia. Ia bisa hidup di wajah maupun di punggung. Dalam keadaan normal, ia sebetulnya tidak berbahaya. Cuma, ketika kulit kurang terjaga kebersihannya, ia berulah dan menyebabkan timbulnya jerawat. Penyebab kedua adalah tingginya produksi kelenjar minyak di kulit (sebum). Itu pula sebabnya jerawat mudah dialami orang yang kulitnya berminyak. Jika dua faktor ini berkumpul, maka jerawat tentu akan lebih mudah terjadi. Artinya, mereka yang kulitnya berminyak dan kurang menjaga kebersihan lebih berpeluang menjadi pelanggan jerawat.
Jerawat di punggung juga disebabkan oleh penyebab ketiga, yaitu adanya gangguan proses pengelupasan lapisan kulit luar. Jika ini terjadi, lapisan kulit yang mestinya mengelupas itu malah akan menyumbat saluran kelenjar sebum. Semua faktor ini bisa menyebabkan jerawat, baik di wajah maupun di punggung. Penyebab keempat adalah reaksi radang. Semua ini merupakan faktor umum yang menyebabkan gangguan kulit yang kita sebut sebagai acne vulgaris (acne: jerawat, vulgaris: biasa). Di wajah maupun di punggung, sama saja.
Khusus di punggung, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan jerawat makin mudah muncul. Misalnya pemakaian baju yang rangkap-rangkap. Efek ini akan makin bertambah jika yang bersangkutan berada di ruangan yang gerah dan panas. Kondisi gerah akan merangsang tubuh untuk mengeluarkan keringat. Sementara, pada saat yang sama keringat sulit kering karena punggung tertutup oleh pakaian yang tebal. Ditambah lagi, dalam kondisi lembap, kuman juga menjadi lebih mudah berkembang biak. Ini merupakan salah satu perbedaan penting antara wajah dan punggung. Wajah berada di daerah terbuka, mudah terkena debu, tapi tidak lembap. Punggung sebaliknya. Bagian ini berada di daerah tertutup, tidak mudah kena debu tapi mudah lembap akibat keringat.
Jerawat di punggung juga bisa berupa jerawat yang tidak biasa. Bintil-bintil mirip jerawat tapi bukan acne vulgaris. Contohnya, erupsi akneformis. Ini berupa kelainan kulit yang muncul secara tiba-tiba. Bentuknya menyerupai jerawat tapi bukan jerawat biasa. Jadi, bintil-bintil di punggung itu tidak selalu jerawat. Di wajah pun begitu. Jerawat yang tidak biasa ini misalnya disebabkan oleh efek samping pemakaian obat. Contohnya, kortikosteroid sistemik dan INH. Kortikosteroid biasanya digunakan untuk mengobati alergi atau asma. Sedangkan INH biasa digunakan dalam terapi tuberkulosis paru. Jika seseorang memakai obat-obat ini lalu timbul bintil-bintil di punggungnya, mungkin saja itu bukan jerawat biasa, tapi mungkin erupsi akneformis, misalnya.
Contoh lain jerawat yang tidak biasa adalah bintil-bintil di punggung akibat infeksi jamur tertentu. Bentuknya seperti jerawat biasa. Seperti kita tahu, jerawat ada yang bentuknya bintil-bintil merah, ada pula yang bintil-bintil kuning bernanah. Bentuk seperti ini juga bisa dijumpai pada infeksi jamur tertentu yang lokasinya di punggung. Secara fisik, bentuk bintil-bintil ini sulit dibedakan dari jerawat biasa. Yang membedakan adalah rasa gatal yang ditimbulkan. Jerawat biasa umumnya tidak begitu gatal, sekalipun sampai bernanah. Tapi khusus jerawat akibat infeksi jamur ini, kata Sandra, gatalnya terasa lebih jelas.

Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Vitamin

Cara menyembuhkan jerawat dengan cepat dan tepat tanpa meninggalkan bekas adalah hal yang sangat diimpikan oleh semua orang yang mempunyai masalah dengan kulit berjerawat. Cara menyembuhkan jerawat yang efektif bisa menggunakan vitamin. Tentu saja vitamin yang Anda gunakan bukan sembarangan vitamin yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Karena untuk menakar seberapa kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit Anda sangat membutuhkan bantuan seorang ahli, yaitu dokter spesialis kulit.
Ketidakseimbangan hormonal merupakan penyebab utama dari jerawat, karenanya ibu hamil dan saat menstruasi seringkali dihinggapi masalah kulit ini. Masalah jerawat umumnya mencakup komedo, pustula (jerawat), seborrhea (kulit merah bersisik), papula, nodul dan luka dalam akibat penyakit kulit tertentu. Beberapa orang menggunakan vitamin untuk mengatasinya. Tapi ada beberapa keuntungan dan kerugian dari mengurangi jerawat dengan menggunakan vitamin.
Cara menyembuhkan jerawat dengan menggunakan vitamin juga mempunyai untung dan ruginya. Keuntungan menggunakan vitamin, yaitu:

  1. Dokter ahli umumnya menggunakan vitamin karena pengobatan ini lebih alami dibandingkan perawatan atau terapi lainnya.
  2. Asupan vitamin ini juga menjadi tambahan nutrisi bagi tubuh.
  3. Perawatan ini tidak menjadi bumerang atau menunjukkan efek samping sehingga lebih aman digunakan.

Sedangkan kekurangan mengurangi jerawat dengan vitamin, yaitu:

  1. Harus dilakukan secara disiplin karena dosis yang diberikan harus tepat dan tidak boleh berlebihan, agar tidak memicu kelebihan kadar vitamin di dalam tubuh.
  2. Umumnya membutuhkan jangka waktu perawatan yang sangat lama.

Cara menyembuhkan jerawat dengan vitamin yang digunakan untuk mengurangi munculnya jerawat bisa dalam bentuk kapsul, pil, tablet, salep atau krim serta pola makan. Dan vitamin-vitamin ini akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel kulit. Vitamin yang digunakan untuk mengurangi jerawat ini adalah:

  1. Vitamin A. Vitamin A biasanya diubah atau dirumuskan menjadi asam vitamin A (Vitamin A acid) atau retinoic acid. Berfungsi mengaktifkan gen di sel-sel kulit yang belum matang atau dikenal sebagai keratinosit dan mengubahnya menjadi dewasa atau matang.
  2. Vitamin C. Vitamin ini berfungsi untuk penyembuhan dan mengurangi radikal bebas yang berada di dalam kulit karena kandungan antioksidannya. Vitamin C ini juga membantu menyembuhkan kulit dengan cepat, mencegah komedo, peradangan dan luka.
  3. Vitamin E. Vitamin E juga diketahui memiliki fungsi yang sangat mirip dan bertindak sebagai antioksidan di kulit, mencegah jaringan parut, pertumbuhan bakteri dan beberapa reaksi di tubuh.

Selain mengetahui cara untuk membersihkannya, sebaiknya Anda juga mengerti tentang beberapa mitos tentang jerawat yang terkadang malah menjerumuskan karena tidak terbukti kebenarannya. Beberapa mitos tersebut adalah:

  1. Jerawat disebabkan oleh debu. Salah satu penyebab munculnya Jerawat adalah akibat dari pori-pori yang tersumbat oleh minyak, bakteri dan sel kulit mati.
  2. Makan coklat dan gorengan bisa menimbulkan jerawat. Hingga kini, tak ada penelitian yang bisa menemukan hubungan antara jerawatdengan makanan apa pun. Selama dikonsumsi secara tidak berlebihan, makanan tak akan mempengaruhi jerawat.
  3. Sering mencuci muka dapat mencegah jerawat. Cucilah wajah dengan sabun atau pembersih yang lembut, maksimal 3 kali sehari. Namun jangan terlalu sering mencuci wajah karena hal tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, dan merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak, sehingga jerawat malah makin meradang.
  4. Sinar matahari membantu menyembuhkan jerawat. Ini adalah anggapan yang tidak tepat. Pada faktanya, paparan sinar matahari ternyata dapat menyebabkan iritasi yang membuat jerawat makin menjadi parah.